Headlines News :
Home » » Jurnal Penelitian Pos dan Informatika, Volume 2, No. 1 September 2012

Jurnal Penelitian Pos dan Informatika, Volume 2, No. 1 September 2012

Written By Unknown on Sabtu, 30 November 2013 | 20.35

 Jurnal Penelitian Pos dan Informatika, Volume 2, No. 1 September 2012

 Buku Jurnal Penelitian Pos dan Informatika, Volume 2, No. 1 September 2012 memuat 6 karya tulis ilmiah mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi bidang manajemen logistik (pos) dan informatika, yaitu :

    Evaluasi Strategi Turnaround pada SBU Pos Admail PT Pos Indonesia (Persero), oleh Nurlia Hikmah. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran dan pemahaman mengenai kondisi kinerja SBU Pos Admail dalam kurun waktu 2 (dua) tahun terakhir. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kuatitatif dengan mengumpulkan dan menganalisa baik data primer maupun sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unit basis Pos Admail memiliki efektivitas cukup tinggi dalam mendayagunakan aktiva yang dimiliki. Dengan alokasi investasi terbatas Pos Admail mampu menghasilkan laba dengan jumlah yang cukup tinggi, sehingga investasi Pos Indonesia dengan membentuk unit bisnis Pos Admail ini merupakan sesuatu yang dianggap cukup menguntungkan.
    Pemanfaatan TIK dalam Pengembangan Layanan PT Pos : Studi tentang Peningkatan Kualitas Layanan Konsumen pada PT Posa di Tanjung Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, oleh  Heru Pudjo Buntoro & Sujarwo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan  menyebarkan kuesioner kepada 100 orang pelanggan dan wawancara mendalam pada pejabat perusahaan dan intelektual terkait. Hasil penelitian antara lain menemukan bahwa penerapan TIK ternyata sangat menguntungkan pelanggan. Namun mereka berpendapat bahwa perlu diadakan pelatihan bagi para pegawai perusahaan untuk mendukung pelayanannya pada masyarakat. Oleh sebab itu mereka berpendapat bahwa pemanfaatan TIK di perusahaan itu sangat bermanfaat bagi pelanggan.

    Pemanfaatan Televisi Internet untuk Membantu Memperluas Jangkauan Siar Televisi Lokal dan Meningkatkan Pasar, oleh Aji Widodo & Umi Kaltum. Penelitian dilakukan  melalui dua kegiatan utama yaitu Pembuatan prototipe untuk uji coba penyambungan televisi lokal dan pengukuran tingkat penerimaan pengguna terhadap layanan televisi internet di Indonesia. Penelitian ini menggunakan 100 responden dari pengguna SpeedyTV dengan distribusi secara acak dari pengguna yang berada di Indonesia tanpa ditentukan posisi kotanya. Data penelitian diolah dengan menggunakan metode analisis Partial Least Square (PLS).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi penerimaan pengguna yang tinggi menunjukkan bahwa televisi internet sudah menjadi layanan yang dapat diterima baginpemngguna di Indonesia dan dapat diimplementasikan sebagai layanan publik.
    Pemanfaatan Media Komunikasi Melalui Jejaring Sosial di Masyarakat (Survey di Kelurahan Talanai Pura dan Solok Sipin, Kota Jambi), oleh Ari Cahyo Nugroho. Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi bagaimana pemanfaatan media komunikasi melalui jejaring sosial di masyarakat. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa mayoritas responden menggunakan facebook dibanding sarana lainnya, dengan fokus pembicaraan yang sangat bervariasi, namun isu sosial memiliki proporsi paling sering diperbincangkan. Mayoritas responden juga tampak sering menggunakan ruang status untuk membagikan hal-hal yang berhubungan dengan masalah kehidupan pribadi (keluhan, kesuksesan, harapan), dan juga terbiasa meng-upload foto pribadi dan foto keluarga ke dalam situs jejaring sosial.
    Analisis Perbandingan Model VoIo Security Berbasis SIP (Session Initiation Protocol), oleh Wahyu Novian C.M. Pada penelitian ini dikembangkan dan dianalisa 4 model security VoIP berbasis SIP melalui setup dan konfigurasi sebuah environment dalam skala laboratorium dan pengujian simulasi berbagai metode penyerangan. Keempat model security VoIP tersebut adalah model dengan security SRTP, TLS, IPsec dan SSL. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa model security VoIP terbaik adalah dengan penggabungan security aspek signalling dan security aspek media yaitu model VoIP SIP over IPsec dan VoIP SIP dan SSL.
    Pemanfaatan TIP dan Pendapat Pelanggan : Studi tentang Layanan TIK (Teknologi dan Informasi Komunikasi) dalam Pengelolaan Asuransi Kesehatan di Surabaya, jawa Timur, oleh Heru Pudjo Buntoro. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pendapat pelanggan terhadap kualitas layanan TIK oleh PT. Askes (Persero) wilayah regional VII Suirabaya di bidang Kepesertaan dan layanan (keuangan, rumah sakit, dan apotik). Penelitian ini menemukan bahwa mayoritas pelanggan sebenarnya tidak mengetahui bahwa PT. Askes telah menggunakan peralatan TIK untuk mendukung pelayanannya pada masyarakat, tetapi mereka berpendapat bahwa perusahaan ini telah memberikan pelayanan yang lebih cepat dan lebih baik dari pada masa lalu. Sedangkan untuk urusan keuangan, perawatan medis, dan obat-obatan ternyata lebih simpel dan mudah dari pada sebelumnya. Oleh sebab itu mereka berpendapat bahwa pemanfaatan TIK di perusahaan ini sangat bermanfaat bagi pelanggan.

     Semoga jurnal ini dapat bermanfaat menambah wawasan dan informasi dalam bidang manajemen logistik (pos), komunikasi dan informatika,..

 Pengarang Siti
Meiningsih

Subyek JURNAL PENELITIAN - POS DAN INFORMATIKA

 Penerbit Badan Litbang SDM Kemkominfo RI, Jakarta, 2012

 Klasifikasi 050.(384)

 Kolasi vi+hlm 89-174; 21x30 cm.

 Jenis Umum

 Status Tersedia
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : LDII | Daun Singkong | LDII Surabaya
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dhe Book - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website