Headlines News :
Home » » Komunikasi Data

Komunikasi Data

Written By Unknown on Sabtu, 30 November 2013 | 20.53

 Komunikasi Data

Teknologi komunikasi dikembangkan dengan tujuan untuk memudahkan manusia sehingga dapat berkomunikasi tanpa hambatan. Para ahli terdorong untuk mengembangkan teknik komunikasi jarak jauh yang lebih efisien dengan memanfaatkan teknologi elektronika yang dikenal dengan istilah komunikasi data.
     Buku ini dibagi menjadi tujuh bagian dan tujuh belas bab dengan perincian sebagai berikut :

    Bagian 1 Pendahuluan , membahas mengenai model-model sistem komunikasi dan media transmisi. Pada bagian ini Anda diharapkan bisa memahami dan mengetahui dasar-dasar komunikasi data
    Bagian 2 Pengodean, membahas mengenai teknik-teknik pengodean data. Pada bagian ini Anda diharapkan mengerti kode-kode yang digunakan dalam komunikasi data, serta teknik pengodean yang digunakan untuk mengantar data. Bagian ini juga dilengkapi dengan studi kasus tentang kode morse, teknik pengkodean digital yang pertama digunakan.
    Bagian 3 Teknik Komunikasi, membahas mengenai teknik komunikasi digital, deteksi dan koreksi kesalahan. Bagian ini bertujuan untuk memberi pemahaman tentang berbagai teknik transmisi, misalnya transmisi asnchronous dan synchronous, paralel, serial, duplex dan standar komunikasi data, serta bagaimana mendeteksi dan mengkoreksi error pada saat transmisi data.
    Bagian 4 data Link Layer, membahas mengenai data link contoh yang berhubungan dengan konfogurasi line, flow control, error control, noiseless, noisy channel, protocol data link control.
    Bagian 5 Konsep Jaringan, membahas mengenai konsep-konsep jaringan komputer dan komunikasi data yang meliputi pembahasan topologi jaringan, model jaringan, multiplexing, spread spectrum, switching, synchronous transfer mode dan frame replay.
    Bagian 6 Konsep Komunikasi Telepon, membahas prinsip-prinsip komunikasi telepon seperti Public Switching Telephone Network (PSTN), konsep komunikasi telepon bergerak, Global System for Mobile Communication (GSM), Code Division Multiple Access (CDMA), Genalar Packet Radio Service (GPRS), Enhanced Data Rate for GSM Evaluation (EDGE), Universal Mobile Telecommunicatio System (UMTS), serta generasi teknologi telepon nirkabel yang dilengkapi dengan studi kasus perkembangan komunikasi seluler di Indonesia.
    Bagian 7 Keamanan Komunikasi Data, membahas teknik-teknik keamanan komunikasi data, bentuk-bentuk ancaman keamanan. Pokok pembahasan sangat ditekankan adalah kriptografi dan ditambah dengan studi kasus keamanan Group Special Mobile (GSM).

     Buku ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dan pembaca untuk memahami bagaimana komputer dan perangkat komunikasi lain saling berkomunikasi,.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : LDII | Daun Singkong | LDII Surabaya
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dhe Book - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website